26 Agustus 2008

potensi jalan raya sebagai sumber energi



Jalan raya merupakan suatu tempat yang hanya digunakan sebagai tempat lalu lalang berbagai jenis kendaran, baik kendaraan bermotor maupun tidak bermotor. permasalahan sekarang bangsa kita adalah krisis listrik, padahal Negara indonesia adalah negara yang dikenal kaya akan sumber energ. Terbukti dengan banyaknya material tambang energi yang dihasilkan dari tanah Indonesia, seperti: batubara, gas bumi, minyak bumi, dan lain-lain.

Ada suatu sumber yang tidak terpikirkan oleh kita, namun mungkin dibenak sebagian orang ide ini adalah ide yang cukup gila. Namun karena untuk memperdayakan potensi-potensi yang ada hal ini perlu diupayakan, disamping dengan isu energi dari tambang tersebut hampir mendekati kepunahan.

Nah, salah satu ide yang cukup gila tersebut adalah penggunaan jalan raya sebagai sumber energi. Jutaan energi gerak kendaraan di jalan raya atau TOL dengan kerapatan 10 detik/kendaraan perlu dimanfaatkan. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Roda Berjalan.

Tidak ada komentar: